Bakti Mahasiswa HMJ Penyuluhan Peternakan STPP Malang 2016

    

    
     Pernahkah kalian memikirkan tentang makna eksistensi kalian di STPP Malang? 
    
     Pengabdian masyarakat! 

   Ya, bisa dikatakan pengabdian masyarakat adalah esensi dari kegiatan penyuluhan pertanian. Sesuai dengan visinya, STPP Malang menghendaki lahirnya penyuluh-penyuluh terampil yang mau mengabdi pada masyarakat petani. Jadi meskipun masih menempuh pendidikan penyuluhan pertanian, mahasiswa STPP Malang harusnya sudah mulai belajar untuk mengabdi pada masyarakat. Mengukuhkan eksistensi, istilahnya. 

   Sabtu pagi (5/3/2016) tadi mahasiswa jurusan penyuluhan peternakan STPP Malang melalui HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Penyuluhan Peternakan belajar mengabdi pada masyarakat tani melalui kegiatan BAMLUHNAK (Bakti Mahasiswa Penyuluhan Peternakan). Kegiatan dimulai pukul 8 pagi Dusun Karang Kunci Desa Randuagung. Pengabdian pada masyarakat melalui Penyuluhan Peternakan ini diimplementasikan dalam dua kegiatan, yakni kegiatan penanaman Hijauan Pakan Ternak di lahan Dusun Karang Kunci Desa Randuagung dan penyuluhan di Balai Desa Randuagung. 

     Yudi Rustandi SST, M.Si selaku Ketua Jurusan Penyuluhan Peternakan memberikan sambutannya mengenai acara ini. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi HMJ Penyuluhan Peternakan atas baktinya ini. Beliau berharap BAMLUHNAK bisa mempererat hubungan STPP Malang dengan masyarakat sekitar. Disusul pula sambutan dari Ketua Kelompok Tani, juga Ebit Eko Bachtiar sebagai perwakilan dari kepanitiaan. Kemudian diadakanlah pembukaan kegiatan penanaman secara simbolis yang diikuti oleh Ketua Jurusan Penyuluhan Peternakan, perwakilan Karang Taruna, Ketua Poktan, dan mahasiswa. 

     Kegiatan bakti sosial pasti memiliki tujuan mulia yang dampaknya diharapkan dirasakan masyarakat sasaran, begitu pula halnya dengan BAMLUHNAK ini. Mahasiswa Penyuluhan Peternakan telah memilih bentuk kegiatan dengan cermat dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat dan kemampuan mahasiswa sendiri. Penanaman HPT di Desa Randuagung ini diharapkan membantu menyediakan pakan ternak yang berkualitas dengan mudah dan murah. Melalui kegiatan ini mahasiswa melaksanakan kegiatan penanaman dari mempersiapkan lahan hingga penanaman HPT. 




     Pakan pula yang menjadi materi penyuluhan di Balai Desa Randuagung. Demonstrasi cara pembuatan silase dilaksanakan dengan berbagai peralatan yang jauh-jauh hari telah disiapkan. Mahasiswa penyuluhan peternakan memberikan partisipasi penuh dengan membantu pembuatan silase. Silase yang setengah jadi kemudian disimpan di Balai Desa Randuagung sehingga masyarakat bisa memantau perkembangan silase secara langsung. 

   Dukungan dari berbagai pihak sungguh terasa pada kegiatan hari itu. Tenaga pengajar Jurusan Penyuluhan Peternakan seperti Setya Handayani., S.Pt. M.Si dan Ir. A. H. Benyamin Foekh., hadir pula untuk mendampingi para mahasiswanya.

    Kontinyuitas kegiatan merupakan salah satu tolak ukur dedikasi pelaku bakti. Serangkaian kegiatan telah disiapkan sebagai tindak lanjut BAMLUHNAK kali ini, seperti pengecekan pertumbuhan HPT berikut perawatan serta persiapan untuk penyuluhan selanjutnya. Dengan semangat berbagi dan belajar mahasiswa jurusan penyuluhan peternakan pasti program-program tersebut dapat terlaksana. Semoga!



Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Unknown
admin
March 26, 2016 at 11:39 PM ×

Good job, HMJ luar biasa

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment